Wujudkan hidup indah Anda di Cibubur yang sejuk, hijau dan bersih.

Monday, January 28, 2013

Kawasan Buperta - Kawasan wisata Bumi Perkemahan di Cibubur

Kawasan Buperta yang luasnya 210 ha sebelumnya merupakan areal perkebunan karet. Areal tersebut cukup ideal untuk kegiatan di alam terbuka, letaknya sangat strategis dan berada di wilayah DKI Jakarta, tepatnya di pinggir tol Jagorawi km 13, pintu keluar tol Cibubur Jakarta Timur, hanya 8 km dari Terminal Kampung Rambutan dan dari TMII.

Topografi berkontur tinggi rendah, landai dan berbukit, ada hutan, jauh dari kebisingan dan polusi, udara sejuk dan segar, lingkungan yang hijau dan alami, panorama yang indah dan jauh dari gangguan binatang buas serta dekat dengan sumber air ( danau) yang cukup luas, pada tahun 1973 menjadi tempat penyelenggaraan Jambore Nasional pertama bagi Pramuka Penggalang se Indonesia.

Buperta sangat memadai untuk digunakan sebagai tempat pertemuan pramuka, pemuda, instansi pemerintah dan swasta baik lokal, nasional bahkan internasional dilaksanakan dialam terbuka dengan menggunakan tenda-tenda maupun gedung/Aula. Buperta kini menjadi tempat kegiatan terpadu, lengkap, berkwalitas yang berwawasan iptek sesuai dengan Kepres RI No. 25/1997, Buperta Pramuka menjadi : Pusat kegiatan pramuka terlengkap, terpadu dan tanggap terhadap kebutuhan kepramukaan sesuai dengan perubahan yang terjadi di masyarakat; Pusat kegiatan pramuka dan pusat pelatihan aplikasi kepramukaan di alam terbuka; Area publik yang berfungsi sebagai tempat pendidikan, taman rekreasi yang alami, ekowisata, agroindustri terbatas, hiburan, pertemuan, dengan konsep ruang terbuka sehingga tetap berfungsi sebagai ruang hijau, asri, kawasan Konservasi Air dan ruang terbuka Hijau (catchmnet area) bagi daerah Jakarta dan Jawa Barat.

Pelayanan Sarana Perkemahan Buperta

Bumi Perkemahan menyediakan lahan untuk kemah dan kegiatan lain di tapak-tapak kemah dengan luas areal 80 ha , yang terbagi menjadi 2 kelurahan yaitu : Kelurahan Putra dan Putri masing-masing seluas 40 ha dan di bagi menjadi masing-masing 5 kelurahan ( Kelurahan Putra : I, II, II, IV, V dan Kelurahan Putri : I, II, III, IV, V ), yang dilengkapi dengan Pendopo Kelurahan yaitu Bangunan terbuka ukuran 9 x 18 M sebanyak 10 unit disediakan untuk tempat Pertemuan / Kegiatan yang berada di lokasi tapak kemah, kapasitas per unit 100 orang, setiap bangunan Pendopo terdapat lapangan upacara dan atau olah raga ukuran 100 x 100 M dan juga bangunan MCK sebanyak 66 unit yang tersebar di seluruh tapak kemah, sarana perkemahan yang lain ( berbagai macam tenda, lampu, listrik, Meja, kayu bakar,panggung, sound system,tiang bendera dll ) sarana peribadatan yang terletak di lokasi perkemahan.




Kolam Renang

Pemancingan

Fasilitas Out Bound dan Paint Ball

Buperta juga mempunyai Sarana Out Bound dengan berbagai model dan game yang dilengkapi dengan menara panjat tebing, mountenering yang kini sangat di gemari para remaja dan juga menyediakan Sarana Paint Ball, permainan yang sangat menantang, permainan perang-perangan dengan memakai peluru berisi cat dan perlengkapan perang yang layaknya ketika kita akan memasuki sebuah medan pertempuran.




Out Bond

Out Bond

Paint Ball


Sarana Peribadatan Buperta

Untuk memudahkan pengunjung yang akan melaksanakan ibadah di bumi perkemahan, terdapat 5 sarana peribadatan yang letaknya berada di sekitar areal tapak kemah dan merupakan suatu komplek peribadatan yaitu :
  • Mesjid
  • Gereja
  • Pure
  • Kapel
  • Vihara


Mesjid

Gereja

Pura
Kapel
Vihara

0 comments:

Post a Comment